Selasa, 09 Juli 2013

ASKEP VASKULER PERIFER

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah
Sistem peredaran darah merupakan salah satu sistem organ yang paling penting, yang bertanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan penting tertentu. Ini terdiri dari darah, pembuluh darah, dan jantung. Semua komponen ini memainkan peran penting dalam fungsi normal dari hati manusia dan sistem peredaran darah secara keseluruhan. Jantung memompa darah ke berbagai organ melalui pembuluh darah, di mana oksigen dan nutrisi didistribusikan ke bagian-bagian tubuh.
Sesuai penelitian medis, penyakit dan gangguan dari account sistem peredaran darah untuk angka kematian tertinggi dibandingkan dengan penyakit lain. Kedua, keturunan dan faktor genetik bertanggung jawab untuk menyebabkan penyakit sistem peredaran darah manusia. Namun demikian, dengan statistik saat ini mengklaim peningkatan angka masalah jantung dan sirkulasi, sangat penting bagi kita untuk belajar tentang masalah-masalah terkait.
Fungsi utama dari sistem sirkulasi adalah untuk memasok oksigen, hormon, dan nutrisi penting lainnya ke sel-sel tubuh dan jaringan. Dalam siklus ini, juga melakukan pekerjaan menggantikan karbon dioksida dengan oksigen. Setiap gangguan atau penyimpangan dalam siklus peredaran darah menyebabkan kondisi medis, yang dapat ringan sampai parah.

B.   Tujuan Penulisan
1.    Mengidentifikasi factor anatomi dan fisiologi aliran darah perifer dan oksigenasi jaringan.
2.    Menggunakan parameter yang sesuai untuk mengkaji sirkulasi perifer.
3.    Menggunakan proses keperawatan sebagai kerangka kerja perawatan pasien dengan insufisiensi sirkulasi ekstremitas.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.   Definisi
Penyakit Vaskular Peripheral merupakan penyakit pembuluh darah perifer mempengaruhi sirkulasi darah ke bagian tubuh yang ekstrimitas. Penyakit vaskular termasuk segala kondisi yang mempengaruhi sistim peredaran darah anda. Ini mencakup dari penyakit-penyakit arteri-arteri, vena-vena dan pembuluh-pembuluh limfa anda sampai ke kekacauan-kekacauan darah yang mempengaruhi sirkulasi. (Suzanne C Smeltzer, 2001)

B.   Etiologi
1.    Gagal jantung
2.    Infeksi
3.    Perubahan pembuluh darah dan pembuluh limfe
4.    Proses penuaan
(Suzanne C Smeltzer, 2001)

C.   Manifestasi Klinis
1.    Nyeri
Nyeri berat seperti kram pada ekstremitas disebabkan oleh ketidakmampuan system arteri mencukupi kebutuan aliran darah kejaringan saat menghadapi peningkatan kebutuhan akan nutrisi. Karena jaringan dipaksa menyelesaikan siklus energy tanpa nutrisi, maka akan dihasilkan metabolit otot dan asam laktat. Nyeri akan dirasakan ketika metabolit mengganggu ujung syaraf jaringan sekitarnya.
2.    Perubahan kulit
Aliran darah yang tidak memadai mengakibatkan ekstremitas yang dingin dan pucat, kekurangan oksigen, sianosis.
3.    Denyut nadi lemah
Penyakit arteri oklusif mengganggu aliran darah dan dapat menurunkan atau menghilangkan denyutan nadi pada ekstremitas.
4.    Edema
Penurunan aliran darah vena mengakibatkan peningkatan tekanan vena, diikuti peningkatan tekanan hidrostatik perifer, filtrasi bersih cairan keluar dari kapiler ke rongga intertisial, dan selanjutnya terjadi edema
5.    Kelemahan
6.    Ganggren
Gangguan akan terjadi setelah iskemia berat yang lama dan menunjukan adanya nekrosis jaringan.
7.    Kesemutan
8.    Disfungsi Ereksi

D.   Patofisiologi
Penurunan aliran darah melalui pembuluh darah perifer merupakan tanda pada semua penyakit vaskuler perifer. Efek fisiologis berybahnya aliran darah tergantung pada besarnya kebutuhan jaringan yang melebihi suplai oksigen dan nutrisi yang tersedia. Bila kebutuhan jaringan tinggi, maka bila terjadi sedikit penurunan aliran darah dapat mengganggu pemeliharaan integritas jaringan sehingga jaringan menjadi iskemi (kekurangan suplai darah), malnutrisi dan kematian apabila kekurangan aliran darah tersebut tidak diperbaiki.
Gagal jantung, aliran darah perifer yang tidak memadai terjadi bila kerja pemompaan jantung tidak efisien. Gagal jantung kiri menyebabkan penimbunan darah diparu dan penurunan aliran kedepan atau curah jantung. Gagal jantung kanan menyebabkan kengesti vena sistemik dan penurunan aliran darah.
Perubahan pembuluh darah dan pembuluh limfa. Pembuluh darah yang utuh, paten dan responsive diperlukan untuk menyalurkan oksigen yang cukup ke jaringan dan mengangkat sampah metabolisme. Arteri dapat mengalami obstruksi akibat plak aterosklerosis, thrombus atau embolus. Arteri dapat rusak atau mengalami obstruksi akibat trauma kimia atau mekanis, infeksi atau proses radang, gangguan vasospastik dan malformasi congenital. Oklusi arteri yang mendadak menyebabkan iskemia berat pada jaringan, sering irreversible dan berakir dengan kematian jaringan. Bila oklusi arteri berlangsung secara bertahap, resiko kematian jaringan mendadak lebih rendah karena sirkulasi kolateral mempunyai kesempatan untuk berkembang.
Aliran darah vena menurun akibat trobus yang menyumbat vena, katup vena yang inkompeten, atau oleh menurunya efktifitas kerja pemompaan otot disekitarnya. Penurunan aliran darah vena mengakibatkan peningkatan tekanan vena, diikuti peningkatan tekanan hidrostatik perifer, filtrasi bersih cairan keluar dari kapiler ke rongga intertisial, dan selanjutnya terjadi edema. Jaringan edema tidak mampu menerima nutrisi yang memadai dari darah dan sebagai konsekuensinya jaringan tersebut lebih peka terhadap kematian dan infeksi.
Sumbatan pembuluh limfe juga dapat mengakibatkan edema. Pembuluh limfe dapat mengalami penyumbatan oleh tumor atau kerusakan akibat trauma mekanis atau proses radang.
Proses penuaan menghasilkan dinding pembuluh darah yang mempengaruhi transportasi oksigen dan nutrisi kejaringan. Lapisan intima menebal sebagai akibat proliferasi seluler dan fibrosis. Serabut elastic di lapisan media mengalami klaisifikasi, tipis dan terpotong dan kolagen tertimbun di lapisan intima maupun media. Perubahan tersebut mengakibatkan kekakuan pembuluh darah, yang meningkatkan tekanan perifer gangguan aliran dara, dan peningkatan kerja ventrikel kiri. 












BAB IV
ASUHAN KEPERAWATAN

A.   Pengkajian
1.    Identitas  klien : selain nama klien, juga orangtua; umur, alamat, asal kota dan daerah.
2.    Riwayat kesehatan
a.     Keluhan utama : penyebab utama klien sampai dibawa ke rumah sakit.
b.    Riwayat penyakit sekarang : tanda dan gejala klinis gangguan vaskuler perifer, gejala yang mudah diamati adalah nyeri sperti krrem yang hilang saat istirahat.
c.     Riwayat penyakit dahulu : untuk mengidentifikasi adanya faktor-faktor penyulit atau faktor yang membuat kondisi pasien menjadi lebih parah kondisinya.  Komplikasi dari penyakit terdahulu dapat menjadi pertimbangan dalam penanganan aterosklerosis. Adanya penyakit hipertensi, ataupun penyakit kardiovaskuler lain dapat dipertimbangkan pengaruhnya terhadap terjadinya gangguan vaskuler. 
d.    Riwayat penyakit keluarga : adakah penyakit yang diderita oleh anggota keluarga yang mungkin ada hubungannya dengan penyakit klien sekarang.
3.    Pola fungsi kesehatan
a.     Pola nutrisi-metabolik.
Kehilangan nafsu makan. Pada awal kejadian adanya mual atau muntah (adanya peningkatan intra kranial) kehilangan senasai pada lidah, dagu, tenggorokan dan gangguan menelan.
b.    Pola eliminasi
Adanya perubahan pola eliminasi, anuria, inkontensia urine, distensi abdomen, tidak ada bising usus ( illeus paralitik ).
c.     Pola aktifitas-latihan
Adanya kesukaran terhadap aktivitas karena kelemahan, kehilangan sensasi atau paralysis atau hemiplegi, mudah lelah.
d.    Pola tidur dan istirahat
Kesukaran untuk istirahat karena kelemahan secara umum dan gangguan penglihatan.
e.     Pola sensorik
Adanya sinkop atau pusing, nyeri kepala menurunnya penglihatan atau kekaburan pandangan, gangguan penciuman atau perabaan atau sentuhan menurun terutama pada daerah luka dan ekstremitas, status mental, koma, ekstremitas lemah atau paralisis, tidak dapat menggenggam, paralisis wajah, tidak dapat bicara, berkomunikasi secara verbal, kehilangan pendengaran, penglihatan, sentuhan, refleks pupil, dan dilatasi.
4.     Pemeriksaan fisik, fokus pada sistem kardiovaskuler dan sistem respirasi
Pemeriksaan tanda-tanda vital TD, Nadi, RR dan Suhu penting dilakukan untuk mengetahui tanda awal dari ketidakstabilan hemodinamik tubuh, gambaran dari tanda vital yang tidak stabil merupakan indikasi dari peningkatan atau penurunan kondisi perfusi jaringan dan kegagalan jantung dalam berkontraksi.
a.     Keluhan atau adanya nyeri: Pada identifikasi nyeri perlu dikaji lebih dalam seberapa besar nyeri muncul, lokasi dan sifat nyeri termasuk penjalaran dari nyeri yang muncul sehingga dapat diklasifikasikan daerah/area yang mengalami aterosklerosis. Adanya nyeri yang terkaji dapat menjadi patokan, didaerah mana kira-kira lokasi yang mengami penyumbatan dan setelah itu perlu di identifikasi kembali dengan beberapa pemeriksaan penunjang untuk membuktikan dan mempertegas kondisi pasien.
b.    Pemeriksaan tanda-tanda vital
Tanda-tanda vital merupakan pemeriksaan fisik yang sangat penting dilakukan karena adanya perubahan tanda-tanda vital menunjukkan kelainan sirkulasi dalam sistem sistemik tubuh. Dengan asumsi penurunan kontraktilitas otot-otot jantung, maka denyut nadi akan menurun dan juga tekanan darah naik lama kelamaan akan menurun karena penurunan cardiac output. Oleh karena itu pengkajian terhadap tanda-tanda vital sangat perlu dilakukan sebagai indikasi awal adanya kelainan sistemik tubuh.
c.     Pemantauan Hemodinamik
Disamping pemantauan TTV, perlu juga haru dikaji sistem hemodinamik tubuh, karena adanya perubahan curah jantung, maka sirkulasi juga akan berkurang, demikian juga cairan dan keseimbangan cairan akan berpengaruh terhadap tekanan hemodinamik tubuh
d.    Pemamtauan perubahan penampakan dan temperature kulit
-        Aliran darah yang tidak memadai mengakibatkan ekstremitas dingin
-        Rubor terlihat dalam 20 menit sampai 2 menit setelah ektremitas tergantung dan merupakan petunjuk adanya kerusakan arteri dimana pembuluh darah tidak mampu berkonstruksi.
-        Sianosis
-        Rambut hilang
-        Kuku rapuh
-        Kulit kering
-        Atropi dan ulserasi
-        Edema bilateral atau unilateral
5.    Pemeriksaan penunjang
a.     ECG (Electrocardiogram)
ECG bermanfaat dalam mengidentifikasi iskemia miokardium, apalagi dalam kondisi istirahat. Adanya gambaran depresi S-T atau horizontal 1mm atau lebih diluar titik J, bersifat khas, walaupun tidak patognomonik iskemia kardium. Gambaran lain dari adanya kelainan ECG mencakup perubahan gelombang ST-T nonspesifik, kelambatan hantaran atrioventrikularis dan intraventrikel serta aritmia bersifat non spesifik untuk penyakit jantung koroner aterosklerotik.
b.    Laboratorium darah
Lipid darah (lemak) bahwa telah diketahui bahwa hiperlipidemia adalah suatu faktor penting dalam perkembangan aterosklerosis koronaria. Demikian juga peningkatan kadar gula darah yang diatas rata-rata, hal ini menunjukkan adanaya risk factor lain yang dapat menyebabkan aterosklerosis.
-        Elektrolit : ketidakseimbangan dapat mempengaruhi konduksi dan dapat mempengaruhi kontraktilitas, contoh: hipokalemia atau hiperkalemia.
-        Sel darah Putih (SDP) : leukosit (10.000-20.000) biasanya tampak sehubungan dengan proses inflamasi.
-        Kecepatan sedimentasi : apabila meningkat maka menunjukkan adanya inflamasi.
-        Kimia : mungkinnormal tergantung abnormalitas fungsi atau perfusi organ akut atau kronis.
-        Kolesterol atau trigeliserida serum : meningkat, menunjukkan arteriosclerosis.
c.     Pemeriksaan dengan Echokardiografi
Pemeriksaan penunjang lain yaitu pemeriksaan echo-kardiografi, dari pemeriksaan ini dapta dilihat lokasi penyumbatan dan berapa besar tingkat aliran darah yang mengaliri koroner dan jantung, dan dilihat juga seberapa besar adanya penyumbatan aliran tersebut. Dari hasil echo yang dapat memotret dari 3 dimensi memungkinkan diagnosa dan tindakan yang akan dilakukan akan tepat sasaran.
d.    Angiografi koroner
Menggambarkan penyempitan atau sumbatan arteri koroner dan biasanya dilakukan sehubungan dengan pengukuran tekanan serambi dan mengkaji fungsi ventrikel kiri (fraksi ejeksi).
e.     Pemeriksaan Photo thorak
Hasil, mungkin normal atau menunjukkan pembesaran jantung didug gagal jantung koroner atau aneurisme ventrikuler. Pemeriksaan ini disamping untuk mengetahui seberapa besar adanya pembesaran jantung, juga untuk mengetahui dan mengidentifikasi gangguan sistem respirasi terutama paru. Dengan adanya photo thorak dapat diketahui secara dini adanya pneumonia atau infeksi lain sehingga faktor penyulit tersebut dapat dicegah dan ditangani dengan cepat.

B.   Diagnose dan intervensi
1.    Gangguan perfusi jaringan perifer berhubungan dengan gangguan sirkulasi.
Tujuan : meningkatkan suplai darah arteri ke ekstremitas.
Kriteria hasil :
-        Ekstremitas hangat pada perabaan
-        Warna ekstremitas membaik
-        Melakukan seri latihan Bueger Allen 6 kali, 4 kali secukupnya
Intervensi :
a.    Menurunkan ekstremitas dibawah jantung.
Rasional : ekstremitas bawah yang tergantung memperlancar suplai darah arteri.
b.    Mendorong latihan jalan seddang atau latihan ekstremitas bertahap.
Rasional : latihan otot memperbaiiki aliran darah dan pertumbuhan sirkulasi kolateral.
c.    Mendorong latihan postural aktif (latihan Bueger Allen).
Rasional : dengan latihan postural, pengisian akibat gravitasi terganggu sehingga pembuluh darah menjadi kosong.
Tujuan : mengurangi kongesti vena.
Kriteria hasil :
-        Mengurangi edema ekstremitas
Intervensi :
a.    Meninggikan ekstremitas diatas jantung.
Rasional : peninggian ekstremitas melawan tarikan gravitasi, meningkatkan aliran balek vena, dan mencegah statis vena.
b.    Dilarang berdiri diam atau duduk terlalu lama.
Rasional : berdiri diem atau beridir lama mengakibatkan statis vena.
c.    Mendorong pasien untuk berjalan-jalan
Rasional : berjalan-jalan memperbaiki aliran balek vena dengan mengaktifasi pompa otot.
Tujuan : memperbaiki vasodilatasi dan mencegah penekanan perifer.
Kriteria hasil :
-        Tidak merokok
-        Menghindari menyilang kaki
-        Melindungu ekstremitas dari pejanan dingin
Intervensi :
a.    Menjaga suhu hangat dan menghindari suhu dingin.
Rasional : kengahatan memperbaiki aliran arteri dengan mencegah efek vasokontriksi akibat dingin.
b.    Melarang merokok.
Rasional : nikotin menyebabkan vasospasme yang menghambat sirkulasi perifer.
c.    Memeberikan penyuluhan cara menghinddari emosi, penatalaksaan stres.
Rasional : stress emosional menyebabkan vasokontriksi perifer dalam menstimulasi system saraf sismpatis.
d.    Memdorong menghinddari memakai pakaian dan aksesoris yang mengikat (missal, sabuk yang terlalu ketat)
e.    Mendorong untuk menghindari menyilang kaki
Rasional : menyilangkan kaki menyebabkan penekanan pembuluh darah dengan gangguan sirkulasi statis vena
f.     Mendorong untuk menghindari obat vasodilator dan penyekap adrenegik sesuai resep dengan pendekatan keperawatan yang sesuai.
Rasional : vasodilator melemaskan otot polos, bahan adrenergic menyekat respon terhadap impuls saraf simpatis atau sirkulasi ketokolamin.

2.    Nyeri berhubungan dengan gangguan kemampuan pembuluh darah menyuplai oksigen.
Tujuan : menghilangkan nyeri.
Kriteria hasil :
-        Nyeri hilang atau berkurang
Intervensi :
a.    Memperbaiki sirkulasi.
Rasional : perbaikan sirkulasi perifer meningkatkan oksigen yang disuplai ke otak dan megurangi akumulasi metabolit yang menyebabkan spasme otot.
b.    Memberikan nalgetik sesuai dengan resep dengan pendekatan keperawatan yang sesuai.
Rasional : analgetik mengurangi nyeri dan memungkinkan pasien berpartisispasi dalam aktifitas dan latihan memperbaiki sirkulasi.

3.    Risiko gangguan integritas kulit berhubungan dengan gangguan sirkulasi
Tujuan : pencapaian atau mempertahankan integritas jaringan.
Kriteria hasil :
-        Menghindari trauma dan iritasi kulit
-        Mengenakan sepatu pelindung
-        Setia kepada aturan higiene
-        Makan diet seimbang yang mengandung cukup protein, vitamin B dan vitamin C
Intervensi :
a.    Menginstruksikan cara menghindari trauma terhadap ekstremitas.
Rasional : jaringan dengan nutrisi buruk peka terhadap trauma dan infeksi bakteri, penyembuhan luka melambat dan berhenti sehubungan dengan perfusi jaringan yang buruk.
b.    Memdorong pemakaian sepatu dan bantalan pelindung pada daerah yang tertekan.
Rasional : sepatu dan bantalan pelindung mencegah cedera dan lepuh.
c.    Mendorong hygiene ketat mandi dengan sabun netral, mengoleskn pelembab, memotong kuku dengan hati-hati.
Rasional : sabun netral dan pelembab mencegah kekeringan dan pecah-pecah kulit.
d.    Diperingatkan untuk menghindari gosokn atau garukan kuat.
Rasional : menggaruk dan menggosok dapat menyebabkan abrasi kulit dan invasi bakteri.
e.    Promosi nutrisi yang baik asupan vitanib B dan C yang adekuat dan protein, mengontrol obesitas.
Rasional : nutrisi yang bagus akan berguna pada proses penyembuhan dan mencegah kerusakan jaringan.

4.    Deficit pengetahuan mengenai aktifitas perawatan diri.
Tujuan : patuh dalam menjalankan program perawatan diri.
Kriteria hasil :
-        Melakukan perubahan posisi sesering yang dianjurkan
-        Melakukan latihan postural sesuai yang dianjurkan
-        Minum obat sesuai resep
-        Melakukan upaya pencegahan trauma
-        Melaksanakan program penatalaksaan stress
Intervensi :
a.    Mengikutsertakan keluarga atau orang terdekat dalam program penyuluhan
Rasional : kepatuhan dalam program perawatan dalam meningkat apabila pasien menerima dukungan dari keluarga dan kelompok dukungan diri yang sesuai.
b.    Memberikan instruksi tertulis mengenai perawatan kaki, tungkai, dan program perawatan.
Rasional : instruksi tertulis sebagai pengingat dan penguat informasi.
c.    Merujuk kekelompok bantuan diri sesuai keperluan, missal klinik penghentian rokok, penatalaksaan stress, penatalaksaan berat badan, dan program latihan.


C.   Evaluasi
1.    Gangguan perfusi jaringan perifer berhubungan dengan gangguan sirkulasi.
a.    Memperlihatkan peningkatan suplai darah arteri ke ekstremitas
-        Ekstremitas terasa hangat bila disentuh
-        Warna kulit membaik (bebas dari rubor dan sianosis)
-        Nadi peifer teraba
b.    Penurunan kongesti vena
-        Meninggikan ekstremitas bawah sesuai yang dianjurkan
-        Menghindari berdiri diam atau duduk terlalu lama
-        Edema berkurang
c.    Memperbaiki vasodilatasi, mencegah kompresi vaskuler
-        Melindungu ekstremitas dari pajanan dingin
-        Tidak merokok
-        Menjalankan program penatalaksaan stress
-        Memakai pakaian yang tidak ketat
-        Tidak melipat tungkai
-        Minum obat sesuai resep
2.    Nyeri berhubungan dengan gangguan kemampuan pembuluh darah menyuplai oksigen.
Bebas dari rasa nyeri
3.    Risiko gangguan integritas kulit berhubungan dengan gangguan sirkulasi
Integritas jaringan terpelihara
-        Menghindari trauma dan iritasi kulit
-        Mengenakan sepatu pelindung
-        Mematuhi aturan kebersihan
-        Makan diet seimbang yang cukup mengandung protein, vitamin B dan C
4.    Deficit pengetahuan mengenai aktifitas perawatan diri.
Melakukan aktifitas perawatan diri


BAB V
PENUTUP

A.   Kesimpulan

B.   Kritik dan Saran

























KATA PENGANTAR

Hidayat, Aziz Alimul. 2006. Pengantar Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Suzanne C. Smeltzer, Brenda G. Bare. 2001. Keperawatan Medikal Bedah Brunner & Sudarth ed. 8. Jakarta: ECG.
Mansjoer, Arif . 2000 . Kapita Selekta Kedokteran . Jakarta : Media Sculapius
Doengoes, Marilynn, dkk, 2000, Rencana Asuhan Keperawatan ; Pedoman untuk Perencanaan dan Pendokumentasian Perawatan Pasien, edisi 3, alih bahasa : I Made Kariasa dan Ni Made S. Jakarta: ECG



62 komentar:

  1. terimakasih infonya,, bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pencarian Jimmy Hoffa telah menjadi sensasi nasional dan pencarian togel totojitu online tubuhnya telah muncul secara berkala dalam berita sejak saat itu. Misteri keberadaannya melahirkan teori konspirasi yang tak togel totojitu online terhitung jumlahnya lelucon buruk dan legenda urban jangka panjang. James Riddle Hoffa lahir di Brazil Indiana pada 14 Februari 1913 8togel. Ayahnya yang bekerja di industri batu bara meninggal karena penyakit pernafasan terkait king4d online ketika Hoffa masih muda. Orang tuanya dan Hoffa hidup dalam kemiskinan relatif togel lotus4d dan ketika remaja Hoffa meninggalkan sekolah untuk bekerja sebagai pengangkut rantai toko bahan makanan Kroger togel singapore. Pada harihari awal aliansi Hoffa ia menunjukkan bakat untuk mengeksploitasi lxtoto online kelemahan lawan. Sebagai seorang remaja Hoffa disebut pemogokan seperti truk yang membawa stroberi ke toko Eyang Togel kelontong. Mengetahui stroberi tidak akan bertahan lama toko tidak punya pilihan selain bernegosiasi dengan Toto Singapore persyaratan Hoffa. Grup yang diwakili Hoffa dikenal secara lokal sebagai Strawberry Boy bergabung dengan togel king4d Teamsters lokal kemudian bergabung dengan Teamsters lainnya. setuju

      Hapus
  2. I have to agree with you on that, the circulatory system is the most important system in the body. You have taken the reader step by step to let them know about the system, and for more information on how to create more of these blogs, the link below may be of help.
    Primary Data Analysis Help

    BalasHapus

  3. Setelah saya baca , artikel yang anda sajikan sangat bermanfaat sekali untuk semua orang .
    Update terus artikelnya admin agar saya bisa selalu membaca berita terbaru dari halaman anda.

    Obat Komplikasi Tradisional
    Cara Menghilangkan Penyakit Varikokel Secara Alami
    Obat Ampuh Untuk Angin Duduk
    Pengobatan Bronkitis Dengan Obat Tradisional
    Apakah Penyakit Batuk Rejan Bisa Sembuh

    BalasHapus
  4. His article is very useful, interesting and easy to read and understand, hopefully useful

    Obat Jelly Gamat QnC
    Obat Ginjal Herbal
    Obat Hipertensi Herbal
    Obat Kanker Rahim Alami Ampuh

    BalasHapus
  5. Great article, very happy to be able to read it and very useful. Thank you very much for the explanation.

    G-Sea Jelly Gamat Emas Rasa Jeruk
    Gama Arafat Gamat Emas Kapsul
    Obat Paru Paru Basah (Pneumonia) Yang Alami & Ampuh

    BalasHapus
  6. Thanks for information get free best quotes compare to save money and time low price Shifting Solution services:

    http://cheapestpackers.co.in/packers-and-movers-noida/

    http://cheapestpackers.co.in/packers-and-movers-faridabad/

    http://cheapestpackers.co.in/packers-and-movers-ghaziabad/

    http://cheapestpackers.co.in/packers-and-movers-delhi/

    BalasHapus
  7. The latest information we are waiting for lho..semoga what is given can be useful
    Terimakash..success always everything..salam know

    obat herbal kelenjar tiroid ampuh
    obat kanker lidah tradisional
    obat kaku leher dan tegang

    BalasHapus
  8. Information is very useful and can add insight, happy to be on your page, thanks to the information you shared. This is very useful. Good luck always!!
    Agen Resmi QnC Jelly Gamat Asli Kabupaten Menggala Tulang Bawang
    Agen Resmi QnC Jelly Gamat Asli Kabupaten Sukadana Lampung Timur

    BalasHapus
  9. This article you share is very helpful to me, I am happy to read this article. If you can fix it again for better. thanks to the information you shared. Good luck always!!
    Obat Benjolan Di Langit Langit Mulut Herbal Terbaik
    Cara Menyembuhkan Gondongan Dengan Obat Herbal Paling Ampuh
    Obat Gagal Ginjal Kronis Herbal terbaik Tanpa Cuci Darah
    Obat Herbal Batu Ginjal Terbukti Paling Ampuh

    BalasHapus
  10. Congratulations reactivities ,, highly awaited new information from this site
    Good luck !!

    situs herbal
    obat penyakit hipertiroid
    obat kanker hati mujarab

    BalasHapus
  11. Manes workers are for factor culpability towards benefit all around the ultimate involving creating once transfer benefit all around improving from get laid items well informed duties all over time. Therefor needs improving east blushing in addition functionality if you have to whereabouts the tough to only safely and care of you valuables to extra length commonly generally is an excellent a technique of best quality for an entire to take a tasking in Mumbai.

    http://www.fooglepackers.com/packersmovershyderabad.html

    http://www.fooglepackers.com/packersmoverspune.html

    http://www.fooglepackers.com/packersmoversmumbai.html

    BalasHapus
  12. Apa kabar gan !!
    Informasi yang anda bagikan ini bermanfaat sekali untuk kami, dan kalau bisa lebih di perbaiki lagi ya gan, agar semakin banyak pengunjung yang tertarik membaca artikell anda ini. Dan kami juga ingin meminta ijin untuk memberikan informasi seputar kesehatan, yang mana mungkin bisa bermafaat juga untuk anda.
    Pengobatan Alternatif Kanker Otak
    Cara Alami Mengatasi Kanker Otak Tanpa Operasi
    Kenali Tanda dan Gejala Awal kanker Ovarium
    Bagaimana Cara Mendeteksi Dini Kanker Ovarium
    Cara Mengobati Kanker Ovarium Secara Alami Tanpa Operasi
    Terimakasih sudah memberikan ijin. Sukses terus gan!!

    BalasHapus
  13. Thanks for the information presented on your website
    Very in waiting for other information

    manfaat temulawak untuk hepatitis
    daun salam untuk sakit pinggang
    obat gendang telinga sakit

    BalasHapus
  14. thank you for the information, this information is very helpful to us
    Cara Ampuh Menghilangkan Mata Merah

    BalasHapus
  15. the articles that are nice and very interesting I like to read the articles you make
    togel singapore

    BalasHapus
  16. http://ariswidodo26.blogspot.co.id/2013/07/askep-vaskuler-perifer.html

    BalasHapus
  17. Thanks really very useful information, hopefully the next post better okay

    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-stroke-paling-fenomenal/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-gagal-ginjal-tanpa-cuci-darah/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-hepatitis-akut/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-kanker-prostat-yang-ampuh/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-jantung-koroner-ampuh/


    http://rizkyherbal.com/obat-kanker-prostat-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/pengobatan-hernia-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/pengobatan-jantung-koroner-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/obat-tbc-herbal-di-apotik/
    http://rizkyherbal.com/obat-kanker-usus-besar-stadium-4-alami/

    BalasHapus
  18. thanks for informations
    https://tokoherbalnesv.blogspot.com/

    BalasHapus
  19. hopefully what you want can be achieved easily and well
    Obat Mudah Berdarah dan Memar

    BalasHapus
  20. Health is expensive, so prioritize your health before getting sick.
    Penyebab Nyeri Perut Saat Menstruasi

    BalasHapus
  21. For those of you who like fishing, please visit our website.

    Essen Ikan Tawes Air Keruh

    BalasHapus
  22. The information you convey is very helpful, especially for those who need it. Thanks

    Oplosan Essen Ikan Lele Babon Galatama

    BalasHapus